Jumat, 26 Januari 2018

Hidup bersih dan sehat adalah suatu kewajiban bagi setiap orang. Namun masih ada saja yang belum membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat, terutama masyarakat pedesaan. Sering kita lihat perilaku membuang sampah sembarangan, mencuci tangan dengan tidak bersih atau sama sekali tidak mencuci tangan, termasuk juga kebiasaan menggosok gigi dengan baik dan benar. Sudah seharusnya perilaku hidup bersih dan sehat diajarkan sejak dini. Karena seorang anak pasti meniru perlaku orang tuanya atau orang lain yang lebih tua. Pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat selayaknya sudah diajarkan sejak anak masuk TK/PAUD.
Desa Kranggan Barat memiliki 3 sekolah tingkat TK/PAUD. Pada periode KKN tahun ini kelompok KKN 27 UTM mengagendakan penyuluhan perilaku hidup sehat bekerja sama dengan TK Miftahul Ulum Kranggan Barat, RA Metanak Kranggan Barat, dan TK Nurus Shofa Kranggan Barat. Dalam agenda tersebut, tim penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) KKN 27 UTM berbagi ilmu dengan siswa TK/PAUD di Kranggan Barat mengenai pembiasaan mencuci tangan dengan baik dan benar, pembiasaan menggosok gigi 3 kali sehari dengan cara yang benar, serta membiasakan anak-anak untuk membuang sampah pada tempatnya.
Pelaksanaan PHBS pertama diselenggarakan di TK Miftahul Ulum Kranggan Barat (19/1). Siswa cukup antusias dengan materi yang disampaikan oleh tim PHBS KKN 27 UTM di dalam kelas. Pemutaran beberapa video tentang cara menggosok gigi dan mencuci tangan dengan video animasi yan disukai anak-anak. Setelah pemyampaian materi dan pemutaran video di dalam kelas, tim PHBS KKN 27 UTM mengajak anak-anak untuk praktek mencuci tangan yang benar. Setelah semua siswa selesai praktek mencuci tangan, selanjutnya mereka praktek bagaimana cara menggosok gigi yang benar.
Pelaksanaan PHBS yang kedua diselenggarakan di RA Metanak Kranggan Barat (22/1). Konsep penyuluhan PHBS di RA Metanak Kranggan Barat sama persis dengan PHBS di TK Miftahul Ulum. Siswa cukup antusias dan merasa sangat senang dengan adanya penyuluhan PHBS.
Pelaksanaan PHBS ketiga diselenggarakan di TK Nurus Shofa Kranggan barat (25/1). Konsepnya sama dengan pelaksanaan PHBS sebelumnya. Dengan adanya pelaksanaan penyuluhan PHBS ini sudah seharusnya perilaku hidup bersih dan sehat ditanamkan sejak anak usia dini. Karena pembiasaan dari usia dini akan tertanam dan dibawa sampai anak beranjak dewasa.










0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blog Archive